FERDINAND RUMBRAWER : KEHADIRAN MAHASISWA KKN UNIPA SANGAT MEMBANTU PROKER WARGA  RT-03/RW-V ANGKASA MULYONO

Manokwari, ppid.unipa.ac.id, (18/8), Genap sudah 60 hari mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Unversitas Papua menyelesaikan program KKN di RT III/RW-V Angkasa Mulyono Kelurahan Amban Distrik Manokwari Barat. Kelompok yang terdiri dari 11 orang anggota mulai melaksanakan KKN tanggal 19 Juni-18 Agustus menyelesaikan   62 program dari 6 bidang   diantaranya, bidang keagamaan, ekonomi, pertanian Sarpras, Administrasi  dan lingkungan.

Banyak hal yang telah terjadi selama 60 hari, banyak juga perubahan yang telah terjadi baik bagi mahasiswa KKN maupun bagi masyarakat RT III/RW-V Angkasa Mulyono terutama dalam bidang administrasi kampung dan  keagamaan yang merupakan prioritas utama KKN kali ini.

Ketua kelompok Labarius Engelbertus mahasiswa KKN dari Fakultas Sastra dan Budaya unipa dalam keterangannya mengatakan warga sangat antusias menerima mereka selama ada di lokasi KKN. Yang menjadi prioritas utama adalah untuk anak-anak, kami  mengajarkan mereka  untuk hidup bersih, jujur dan selalu menjaga kesehatan serta rajin melakukan aktifitas ibadah .

Mahasiswa KKN juga membuat tempat sampah  yang akan digunakan oleh warga untuk membuang sampah plastik selanjutnya kolektor sampah daur ulang akan datang untuk jemput di tempat dan bayar harga sesuai berat sampah plastik tersebut, uang hasil penjualan menjadi milik warga RT-III/RW-5 Angkasa Mulyono.

Sementara itu ketua RT 03/RW-V Ferdinand Rumbrawer dalam keterangannya  mengatakan “kehadiran Mahasiswa KKN dari Unipa sangat membantu warga Angkasa Mulyono khususnya warga RT-03/RW-V terutama program kerja administrasi/profil RT yang sangat di butuhkan  pada situasi pandemi sekarang ini” katanya. Awal pemekaran RT ini kami kesulitan mendapatkan data warga,  disebabkan karena dalam satu rumah terdapat 2 atau 3 kepala keluarga (KK) dan sering warga tidak ada di tempat pada saat didatangani sehingga kami kesulitan dalam distribusi bantuan pandemi dan bantuan sosial lainnya”.

Malam terakhir   dihabiskan dengan perpisahan bersama warga termasuk  anak-anak sekolah  yang sering belajar di posko. Perpisahan diadakan di Posko KKN kelompok Amban Marina 2, yang dimulai pada pukul 19.00 WIT. Acara dimulai dengan pesan dan kesan dari mahasiswa KKN kemudian ucapan terima kasih dari warga yang di wakili oleh Ketua RT-03/RW-V bapak Ferdinand Rumbrawer.  dilanjutkan dengan makan bersama.


Penggalan kesan dan pesan mahasiswa KKN kelompok Amban Marina 2 yang di wakili oleh ketua Kelompok Labarius Engelbertus mengatakan “Tak terasa sebulan kami disini tentunya dapat pengalaman baru penuh kenangan yang tak ternilai. Warga yang begitu baik  menjaga kami dengan tulus dan kasih sayang, keramah tamahan warga, serta kekompakan pemuda yang ikut membantu kami dalam menjalankan semua program-program kami selama disini. Takterasa kamipun berada dipenghujung hari yakni 60 hari di mana tugas kami sebagai mahasiswa telah usai dan kami harus kembali ke kampus untuk melanjutkan tugas kami.

Dalam kesempatan kali ini kami atas nama mahasiswa kuliah kerja nyata Unipa menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari lubuk hati kami yang paling dalam. tak ada ketenangan bagi kami jika sekiranya kami berlalu dengan membawa kesalahan, baik melalui tingkah laku, perkataan ataupun sikap kami  selama  kami melaksanakan KKN ditempat ini”. katanya mengahiri pesan dan kesan.  Terima kasih mahasiswa Unipa, terima kasih warga Angkasa mulyono khususnya RT-03/RW-V. (m/i).

 

~humas-unipa~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *